Sabtu, 14 September 2013

Skripsi oh skripsi..

Mahasiswa tua lagi pngen curcol neh.. Hahaha..
Skripsi itu ibarat kunci buat pintu keluar kita dari kata mahasiswa ke kata sarjana.. ^^
  Pada saat skripsi, otak mahasiswa dituntut untuk punya sekop ilmu.. Hehe.. Ya kan buat menggali judul lebih dalam.. Gue salut sama mahasiswa-mahasiswa jadul yang berhasil lulus, jaman dulu gak ada mbah google bro.. Kita enak jaman sekarang.. Perpus ada katalog elektronik, referensi online tinggal panggil mbah google, mau tanya dosen bisa lewat chatting dan banyak lagi keuntungan-keuntungan mahasiswa masa kini. Haha.. Sempet nyesel kemaren-kemaren ngeluh kayak orang paling bener.

  Di tengah skripsi ada namanya penelitian, data dan penyimpulan hasil. Diakhir.. Ada sidang.. Istilahnya ngetest mental kita dari hasil kita kerja skripsi. Karena eh karena.. Pada saat sidang, disinyalir bahwa para penguji akan menguji implementasi pikiran kita pada skripsi. Haha.. Ala vicky nih.. Itu loo.. Penipu yang ngaku2 cerdas dan segala tetek bengek. Akhirnya ketangkep deh.

  Balik lagi k skripsi.. Kalo kamu masih mahasiswa.. Dan mau kabur dari kata skripsi.. You're not worth it to get degree.. Yap.. Not worth it.. Mental loe gak bakal bisa diuji.. Mau sebringas apapun dosen penguji.. Kalo mental loe kuat pasti mampu. Sekarang bayangin.. Di lingkup kerja kita punya atasan.. Dan atasan itu macem-macem.. Yakin lah klo mental gk kuat dan ketemu boss yang naudzubillah kamu bakal mundur.. Kalo ada yang anaknya boss dan merasa loe bakal langsug jadi boss tanpa kerja dari bawah.. Well.. Kemungkinan besar kamu adalah boss yang tidak disukai kalo kamu lari dari kata skripsi.

  Pertanyaannya.. Kok bisa lari?? Ya bisa la.. Dosen penguji dan dosen pembimbing kan juga manusia.. Pasti laah ada oknum-oknum yang dengan senantiasa kurang berperilaku akademisi yang memudahkan mahasiswanya klo emang mahasiswa itu agak nekat. Trus, gimana kalo dengan dosen yang emang baik hati jadi memudahkan mahasiswanya? Itu beda kasus.. Kalau kasus kayak gitu.. Artinya dosennya telah mengenal kamu.. Dan tau kalau selama pengerjaan skripsi itu kamu bener-bener bekerja.. Dan yakin segala pertanyaan yang diajukan telah kamu jawab selama proses pengerjaan. Dan kembali lagi.. Dosen juga manusia, kalau melakukan itu berarti kan mempertaruhkan kredibilitasnya pada mahasiswa yang beliau uji.. So respect them who respect you, and respect yourself with your own knowledge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar